Modul 3
Search Engine
Optimization (SEO)
Data
yang tersedia di internet sangat banyak dan beragam.Hal yang dilakukan dalam
mencari data yang diinginkan yakni dengan menuliskan kata yang sesuai dengan
pencarian dimesin pencari internet.Mesin ini disebut dengan Search Engine Optimization (SEO). Para
pemasar dapat memaksimalkan mesin pencari ini dengan beberapa strategi dan
teknik optimasi SEO,salah satunya dengan memperbanyak artikel dan pengunjung
dari website pemasar yang telah disediakan. Untuk memahami tentang Search Engine Optimization(SEO), Simaklah
materi berikut!
A.Pengertian SEO
Dalam kegiatan pemasaran online, SEO
memiliki peranan yang penting.Hal ini dikarenakan SEO dalam dunia bisnis online
mampu memberikan pengaruh yang signifikan pada usaha pengembangan bisnis.
Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian SEO dan jenis optimasi SEO.
1.
Pengertian SEO
menurut para ahli
Didunia bisnis
yang semakin berkembang saat ini,baik pengusaha skala kecil ataupun besar
masing-masing berlomba untuk menunjukan ekstensinya melalui web yang jauh lebih
besar. Oleh karena itu,kehadiran Search
Engine merupakan salah satu solusi agar website para pengusaha tersebut
dapat ditemukan dngan mudah. Lalu,apa itu SEO? Adapun pengertian yang terkait
denganSEO menurut beberapa ahli ,sebagai berikut.
a.
Neil Patel
SEO adalah sebuah seni untuk memahami search engine dan menggunakan
pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah website memiliki peringkat lebih
tinggi di dalam search engine.
b.
Danny Sullivian
SEO adalah seseorang yang mengerti
bagaimana orang mencari sebuah informasi dan memastikan bahwa mereka atau klien
mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang disediakan.
c.
Rand Fishkin
SEO adalah kombinasi dari taktik dan
strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi
informasi,kemudahan penggunaan, fokus pada konten,penargetan
audiensi,desain,pengembangan situs ,penelitian keyword,penempatan keyword ,link
building,sosial media marketing dan segala macam elemen marketing online maupun
offline yang mendukuing tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari search
engine.
Adapun yang dimaksud dengan search
engine optimization, yang biasa disingkat SEO adalah suatu usaha yang dilakukan
pada sebuah blog yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah trafik kunjungan
melalui mesin pencari tersebut yang biasa dikenal dengan istilah optimasi SEO.
Selain itu, dala mesin pencari juga terdapat SERP (Search Engine Result Page).
Search Engine Result Page (SERP), yaitu daftar halaman web yang ditampilkan
oleh search engine sebagai respon
terhadap kata yang diketik pada mesin pencari.
2.
Teknik SEO
Dalam
SEO terdapat dua teknik yang dapat digunakan untuk melakukan optimasi. Di mana kedua
jenis teknik SEO,sebagai berikut.
a.
Teknik
white hat SEO
Teknik white hat SEO adalah suatu
teknik optimasi SEO yang dipergunakan oleh seorang webmater untuk mengoptimasi
web atau blog mereka dengan cara legal dan tidak melanggar kebijakan yang
ditetapkan oleh search engine.
b.
Teknik
black hat SEO
Teknik black hat SEO adalah suatu
teknik optimasi SEO yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengopitimasi
web tau blog mereka dengan cara ilegal yang melanggar peraturan dan kebijakan
yang ditetapkan leh search engine.
B. Jenis OPTIMASI SEO
Search
Engin Optimization (SEO) merupakan upaya untuk meraih peringkat utama di hasil
pencarian search engine. Apa yang dioptimalkan? Website dan fisibilitasnya didunia internet.
Meski
SEO merujuk pada frase search engine optimization,namun sebenarnya yang
disesuaikan dan dioptimalkan adalah websitenya, agar isi dan struktur web
sesuai dengan kemampun dan setting algoritma search engine.Di mana dalam SEO
ini terdapat dua jenis optimasi. Kedua optimasi tersebut adalah optimasi SEO on
page dan optimasi SEO off page. Meskipun jenis optimasinya berbeda,namun
tujuannya tetap sama. Tujuan dari dilakukannya optimasi SEO on page maupun
optimasi SEO off page, yaitu menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi
terats hasil pencarian,atau setidaknya halaman prtama hasil pencarian
berdasarkan keyword (kata kunci) tertentu yang dibidik atau ditargetkan dan
perbedaannya terletak pada cara optimasinya.
Berikut penjelasan mengenai
masing-masing optimasi SEO.
1.
Optimasi SEO on
page
Tahukah
anda apa itu optimasi SEO on page? Optimasi on page adalah sebuah optimasi
mesin pencari yang dilakukan pada blog atau website yang dimaksud dari blog itu
sendiri.Adapun jenis optiasi SEO on page,sebagai berikut.
a.
Optimasi
SEO on page pada URL
Terkadang banyak orang yang
kurang memahami tentang URL yang baik. Dimana URL yang baik itu seharusnya
berisikan domain /kategori /sub_kategori /judul_artikel.
b.
Optimasi
SEO on page pada domain
Untuk domain,jika memang
digunakan sebagai keyword maka disarankan tanpa menggunakan tanda pemisah
seperti “-“. Misal kata kunci yang ingin dioptimsi adalah “tutorial bisnis
online” maka akan lebih baik membuat domain http://tutorialbisnisonline.com dari pada http://tutorial-toko-online.com.
c.
Optimasi
SEO on page pada judul halaman (title page)
Judul halaman sudah tentu
diupayakan mengandung kata kunci yang ditargetkan,karena bagaimanapun judul
halaman haruslah berisi kata terpenting pada halaman tersebut. Ini juga yang
menjadi dasar berkembangnya teknik dynamic heading, di mana para pembuat blog
atau web berupaya agar halaman artikel menampilkan judul artikel sebagai judul
halaman. Poin dari judul halaman sangat besar di dalam teknik on page halaman
web.
d.
Optimasi
SEO on page dengan meta description.
Meta description yang baik adalah
berbeda-beda pada setiap artikel karena masing-masing artikel memiliki topik
sendiri.Meta description ini harus memerhatikan beberapa hal,yaitu:
1)
Panjangnya
maksimal 150 karakter
2)
Tidak
mengulang suatu kata lebih dari dua kali.
3)
Mengandung
kata kunci tertarget di bagian-bagian awal.
e.
Optimasi
SEO on page pada title tag
Bagian ini berada pada <head.,
dan kodenya adalah: <title> isi dari title tag</title.. Dimana yang
terpenting adalah apa saja yang bisa
Anda isikan pada title tag ini. Cara terbaik mengisi title tag adalah
dengan menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karater.
Adapun yang prlu diketahui bahwa semakin didepan kata itu,maka pointnya akan
sangat tinggi.Jadfi sebaiknya format dari isi title tag adalah JUDUL ARTIKEL
saja, atau JUDUL ARTIKEL-NAMA BLOG.
Sebaiknya hindari struktur NAMA
BLOG: JUDUL ARTIKEL ,kecuali blog atau web anda sudah punya reputasi yang
sangat baik.
f.
Optimasi
SEO on page pada gambar
Berhubung google dan yang lainnya
belum dapat mengenali gambar,maka cara terbaik memberitahu Google apa isi dari
gambar adalah menggunakan alt tag. Ini termasuk salah satu teknik on
page,karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi
yang paling relevan kepada pembacanya,dan terkadang informasi itu dapat berupa
gambar.
g.
Optimasi
SEO on page pda artikel atau berita
Dalam optimasi SEO on page pada
artikel atau berita usahakan keyword density (kepadatan kata kunci) tidak
kurang dari 3%. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah menyebarkan keyword
tersebut dengan alami sehingga tetap enak dibaca pengunjung.
2.
Opimasi SEO off
page
Jika
optimasi SEO on page dilakukan dari dalam blog,maka optimasi SEO off page
dilakukan dari luar blog itu. Jadi, SEO off page merupakan hal-hal yang
dilakukan diluar halaman web pages demi meningkatkan kinerja di search engine berdasarkan target keyword
yang memiliki hubungan dengan konten. Misalnya dengan mencari backlink,entah lewat bertukar
link,banner, ataupun berkomentar di blog atau web orang lain.
Beberapa
contoh SEO off page,yaitu :
a.
Backlink dari website atau blog lain.
b.
Submite
site map ke webmaster tools. Google webmaster tools adalah alat yang disediakan
oleh Google untuk para webmaster (pemilik website).Alat ini membantu agar
website atau blog bisa terpantau dengan maksimal oleh Google, dan disisi lain
memberi laporan yang mendetail tentang blog kepada pemilik.
c.
Posting
artikel atau berita ke berbagai situs atau forum sosial bookmarking.
d.
Blog
walking.
e.
Ping
blog. Ping adalah cara yang dilakukan oleh blogger untuk memberitahukan update
konten kepada search engine. Sinyal XML-RPC akan dikirim ke satu atau lebih
server ping yang memberitahukan bahwa situs atau blog tertentu memiliki konten
yang baru. “Dari berbagai sumber”, contoh : http://pingomatic.com/
Seperti yang anda ketahui,bahwa
salah satu contoh SEO off page adalah backlink. Di mana backlink adalahlink
dari blog atau website lain ke blog atau website anda. Sebuah backlink diibaratkan
adalah sebuah rekomendasi, semakin banyak yang merekomendasikan, maka blog anda
akan lebih mendapatkan perhatian dari search engine. Adapun untuk memilih
backlink perlu diperhatikan beberapa hal.Selain itu, untuk membuat backlink
juga terdapat banyak metode atau cara yang dapat digunakan.
Berikut adalah hal-hal yang harus
diperhatikan dalam memilih backlink dan metode untuk membuatnya.
a.
Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam memilih backlink
Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan
dalam memilih backlink,sebagai berikut.
1)
Dalam
memilih website yang nantinya akan diletakan backlink perlu mempertimbangkan
trafik dan pagerank yang lebih baik dari web yang dimiliki, karena jika lebih
rendah justru akan memberi pengaruh buruk pada web yang berujung pada SERP yang
tidak baik.
2)
Carilah
website yang dapat merekomendasikan pengunjungnya untuk mengarahkan ke link
perusahaan. Sehingga web perusahaan akan dibanjiri oleh pengunjung secara
instan.
3)
Dalam
membuat backlink juga harus memerhatikan aturan SEO, agar tidak dianggap
melakukan spamming. Karena melakukan spamming tidak dianjurkan dalam SEO dan
tidak disukai oleh google. Bisa jadi web perusahaan malah di kick oleh Google
dan hilang dari indeks pencarian.
4)
Buatlah
backlink secukupnya dan hindari menaruh backlink di situs yang mengandung
pornografi dan menyimpang dari SARA.
b.
Metode
membuat backlink diblog atau website
Metode yang dapat digunakan untuk
membuat backlink pada blog atau website sebenarnya banyak.
Di mana metode tersebut,di
antaranya :
1)
Blog
walking
Blog walking adalah sebuah metode
membuat backlink dengan cara mengunjungi blog yang mempunyai traifik tinggi dan
berkomentar di posting-an dengan menaruh URL blog atau web perusahaan disana.
Cara ini adalah cara yang paling mudah dan sering digunakan oleh para blogger.
2)
Website
submiting
Website submiting adalah metode
membuat backlink dengan melakukan submite web seseorang atau perusahaan ke
dalam directory website yang menyediakan jasa web submiting.
3)
Social
bookmarking
Metode ini dilakukan dengan cara
membuat artikel di situs social bookmarking
dan menaruh link di sana. Banyak sekali situs sosial bookmarking baik dari
Indonesia maupun dari luar negri. Contohnya: reddit.com, infogue.com,
delicious.com, digg.com, twitter.com, dan lain-lain.
4)
Sosial
media
Cara ini dilakukan dengan share
sebuah link melalui sosial media seperti facebook,gplus,twitter, youtube, dan
lain-lain. Adapun yang perlu diingat jangan terlalu sering apalagi dalam jumlah
yang banyak, karena bisa dinggap spam dan justru berpengaruh buruk bagi teknik
SEO.
5)
Bertukar
link
Cara ini yang sering dilakukan
oleh para blogger, yaitu dengan bertukar link. Blog kita mencantumkan URL blog
teman begitu juga sebaliknya supaya mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog
maupun visitor dari pemilik blog lain.
6)
Web
direction
Cara ini dilakukan dengan menaruh
URL kita di website yang menyediakan web direction. Contohnya anda bisa klik
beberapa web direction yang berada di kanan blog yang berjudul backlink
berkualitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar