TUGAS SEO

TUGAS SEO


Modul 3
Search Engine Optimization (SEO)

Data yang tersedia di internet sangat banyak dan beragam.Hal yang dilakukan dalam mencari data yang diinginkan yakni dengan menuliskan kata yang sesuai dengan pencarian dimesin pencari internet.Mesin ini disebut dengan Search Engine Optimization (SEO). Para pemasar dapat memaksimalkan mesin pencari ini dengan beberapa strategi dan teknik optimasi SEO,salah satunya dengan memperbanyak artikel dan pengunjung dari website pemasar yang telah disediakan. Untuk memahami tentang Search Engine Optimization(SEO), Simaklah materi berikut!
A.Pengertian SEO
            Dalam kegiatan pemasaran online, SEO memiliki peranan yang penting.Hal ini dikarenakan SEO dalam dunia bisnis online mampu memberikan pengaruh yang signifikan pada usaha pengembangan bisnis. Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian SEO dan jenis optimasi SEO.
1.      Pengertian SEO menurut para ahli
Didunia bisnis yang semakin berkembang saat ini,baik pengusaha skala kecil ataupun besar masing-masing berlomba untuk menunjukan ekstensinya melalui web yang jauh lebih besar. Oleh karena itu,kehadiran Search Engine merupakan salah satu solusi agar website para pengusaha tersebut dapat ditemukan dngan mudah. Lalu,apa itu SEO? Adapun pengertian yang terkait denganSEO menurut beberapa ahli ,sebagai berikut.
a.      Neil Patel
SEO adalah sebuah seni untuk memahami search engine dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah website memiliki peringkat lebih tinggi di dalam search engine.
b.      Danny Sullivian
SEO adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah informasi dan memastikan bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang disediakan.
c.       Rand Fishkin
SEO adalah kombinasi dari taktik dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi,kemudahan penggunaan, fokus pada konten,penargetan audiensi,desain,pengembangan situs ,penelitian keyword,penempatan keyword ,link building,sosial media marketing dan segala macam elemen marketing online maupun offline yang mendukuing tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari search engine.
Adapun yang dimaksud dengan search engine optimization, yang biasa disingkat SEO adalah suatu usaha yang dilakukan pada sebuah blog yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah trafik kunjungan melalui mesin pencari tersebut yang biasa dikenal dengan istilah optimasi SEO. Selain itu, dala mesin pencari juga terdapat SERP (Search Engine Result Page). Search Engine Result Page (SERP), yaitu daftar halaman web yang ditampilkan oleh  search engine sebagai respon terhadap kata yang diketik pada mesin pencari.
2.      Teknik SEO
Dalam SEO terdapat dua teknik yang dapat digunakan untuk melakukan optimasi. Di mana kedua jenis teknik SEO,sebagai berikut.
a.       Teknik white hat SEO
Teknik white hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang dipergunakan oleh seorang webmater untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara legal dan tidak melanggar kebijakan yang ditetapkan oleh search engine.
b.      Teknik black hat SEO
Teknik black hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengopitimasi web tau blog mereka dengan cara ilegal yang melanggar peraturan dan kebijakan yang ditetapkan leh search engine.
B.  Jenis OPTIMASI SEO
       Search Engin Optimization (SEO) merupakan upaya untuk meraih peringkat utama di hasil pencarian search engine. Apa yang dioptimalkan? Website dan fisibilitasnya  didunia internet.
       Meski SEO merujuk pada frase search engine optimization,namun sebenarnya yang disesuaikan dan dioptimalkan adalah websitenya, agar isi dan struktur web sesuai dengan kemampun dan setting algoritma search engine.Di mana dalam SEO ini terdapat dua jenis optimasi. Kedua optimasi tersebut adalah optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page. Meskipun jenis optimasinya berbeda,namun tujuannya tetap sama. Tujuan dari dilakukannya optimasi SEO on page maupun optimasi SEO off page, yaitu menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi terats hasil pencarian,atau setidaknya halaman prtama hasil pencarian berdasarkan keyword (kata kunci) tertentu yang dibidik atau ditargetkan dan perbedaannya terletak pada cara optimasinya.
Berikut penjelasan mengenai masing-masing optimasi SEO.
1.      Optimasi SEO on page
Tahukah anda apa itu optimasi SEO on page? Optimasi on page adalah sebuah optimasi mesin pencari yang dilakukan pada blog atau website yang dimaksud dari blog itu sendiri.Adapun jenis optiasi SEO on page,sebagai berikut.
a.       Optimasi SEO on page pada URL
Terkadang banyak orang yang kurang memahami tentang URL yang baik. Dimana URL yang baik itu seharusnya berisikan domain /kategori /sub_kategori /judul_artikel.
b.      Optimasi SEO on page pada domain
Untuk domain,jika memang digunakan sebagai keyword maka disarankan tanpa menggunakan tanda pemisah seperti “-“. Misal kata kunci yang ingin dioptimsi adalah “tutorial bisnis online” maka akan lebih baik membuat domain http://tutorialbisnisonline.com dari pada http://tutorial-toko-online.com.
c.       Optimasi SEO on page pada judul halaman (title page)
Judul halaman sudah tentu diupayakan mengandung kata kunci yang ditargetkan,karena bagaimanapun judul halaman haruslah berisi kata terpenting pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadi dasar berkembangnya teknik dynamic heading, di mana para pembuat blog atau web berupaya agar halaman artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman. Poin dari judul halaman sangat besar di dalam teknik on page halaman web.
d.      Optimasi SEO on page dengan meta description.
Meta description yang baik adalah berbeda-beda pada setiap artikel karena masing-masing artikel memiliki topik sendiri.Meta description ini harus memerhatikan beberapa hal,yaitu:
1)      Panjangnya maksimal 150 karakter
2)      Tidak mengulang suatu kata lebih dari dua kali.
3)      Mengandung kata kunci tertarget di bagian-bagian awal.
e.       Optimasi SEO on page pada title tag
Bagian ini berada pada <head., dan kodenya adalah: <title> isi dari title tag</title.. Dimana yang terpenting adalah apa saja yang bisa  Anda isikan pada title tag ini. Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karater. Adapun yang prlu diketahui bahwa semakin didepan kata itu,maka pointnya akan sangat tinggi.Jadfi sebaiknya format dari isi title tag adalah JUDUL ARTIKEL saja, atau JUDUL ARTIKEL-NAMA BLOG.
Sebaiknya hindari struktur NAMA BLOG: JUDUL ARTIKEL ,kecuali blog atau web anda sudah punya reputasi yang sangat baik.
f.       Optimasi SEO on page pada gambar
Berhubung google dan yang lainnya belum dapat mengenali gambar,maka cara terbaik memberitahu Google apa isi dari gambar adalah menggunakan alt tag. Ini termasuk salah satu teknik on page,karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yang paling relevan kepada pembacanya,dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar.
g.      Optimasi SEO on page pda artikel atau berita
Dalam optimasi SEO on page pada artikel atau berita usahakan keyword density (kepadatan kata kunci) tidak kurang dari 3%. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah menyebarkan keyword tersebut dengan alami sehingga tetap enak dibaca pengunjung.
2.      Opimasi SEO off page
Jika optimasi SEO on page dilakukan dari dalam blog,maka optimasi SEO off page dilakukan dari luar blog itu. Jadi, SEO off page merupakan hal-hal yang dilakukan diluar halaman web pages demi meningkatkan kinerja di search engine berdasarkan target keyword yang memiliki hubungan dengan konten. Misalnya dengan mencari backlink,entah lewat bertukar link,banner, ataupun berkomentar di blog atau web orang lain.
Beberapa contoh SEO off page,yaitu :
a.       Backlink  dari website atau blog lain.
b.      Submite site map ke webmaster tools. Google webmaster tools adalah alat yang disediakan oleh Google untuk para webmaster (pemilik website).Alat ini membantu agar website atau blog bisa terpantau dengan maksimal oleh Google, dan disisi lain memberi laporan yang mendetail tentang blog kepada pemilik.
c.       Posting artikel atau berita ke berbagai situs atau forum sosial bookmarking.
d.      Blog walking.
e.       Ping blog. Ping adalah cara yang dilakukan oleh blogger untuk memberitahukan update konten kepada search engine. Sinyal XML-RPC akan dikirim ke satu atau lebih server ping yang memberitahukan bahwa situs atau blog tertentu memiliki konten yang baru. “Dari berbagai sumber”, contoh : http://pingomatic.com/
Seperti yang anda ketahui,bahwa salah satu contoh SEO off page adalah backlink. Di mana backlink adalahlink dari blog atau website lain ke blog atau website anda. Sebuah backlink diibaratkan adalah sebuah rekomendasi, semakin banyak yang merekomendasikan, maka blog anda akan lebih mendapatkan perhatian dari search engine. Adapun untuk memilih backlink perlu diperhatikan beberapa hal.Selain itu, untuk membuat backlink juga terdapat banyak metode atau cara yang dapat digunakan.
Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih backlink dan metode untuk membuatnya.
a.       Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih backlink
Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih backlink,sebagai berikut.
1)      Dalam memilih website yang nantinya akan diletakan backlink perlu mempertimbangkan trafik dan pagerank yang lebih baik dari web yang dimiliki, karena jika lebih rendah justru akan memberi pengaruh buruk pada web yang berujung pada SERP yang tidak baik.
2)      Carilah website yang dapat merekomendasikan pengunjungnya untuk mengarahkan ke link perusahaan. Sehingga web perusahaan akan dibanjiri oleh pengunjung secara instan.
3)      Dalam membuat backlink juga harus memerhatikan aturan SEO, agar tidak dianggap melakukan spamming. Karena melakukan spamming tidak dianjurkan dalam SEO dan tidak disukai oleh google. Bisa jadi web perusahaan malah di kick oleh Google dan hilang dari indeks pencarian.
4)      Buatlah backlink secukupnya dan hindari menaruh backlink di situs yang mengandung pornografi dan menyimpang dari SARA.
b.      Metode membuat backlink diblog atau website
Metode yang dapat digunakan untuk membuat backlink pada blog atau website sebenarnya banyak.
Di mana metode tersebut,di antaranya :
1)      Blog walking
Blog walking adalah sebuah metode membuat backlink dengan cara mengunjungi blog yang mempunyai traifik tinggi dan berkomentar di posting-an dengan menaruh URL blog atau web perusahaan disana. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan sering digunakan oleh para blogger.
2)      Website submiting
Website submiting adalah metode membuat backlink dengan melakukan submite web seseorang atau perusahaan ke dalam directory website yang menyediakan jasa web submiting.
3)      Social bookmarking
Metode ini dilakukan dengan cara membuat artikel di situs social bookmarking dan menaruh link di sana. Banyak sekali situs sosial bookmarking baik dari Indonesia maupun dari luar negri. Contohnya: reddit.com, infogue.com, delicious.com, digg.com, twitter.com, dan lain-lain.
4)      Sosial media
Cara ini dilakukan dengan share sebuah link melalui sosial media seperti facebook,gplus,twitter, youtube, dan lain-lain. Adapun yang perlu diingat jangan terlalu sering apalagi dalam jumlah yang banyak, karena bisa dinggap spam dan justru berpengaruh buruk bagi teknik SEO.
5)      Bertukar link
Cara ini yang sering dilakukan oleh para blogger, yaitu dengan bertukar link. Blog kita mencantumkan URL blog teman begitu juga sebaliknya supaya mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog maupun visitor dari pemilik blog lain.
6)      Web direction
Cara ini dilakukan dengan menaruh URL kita di website yang menyediakan web direction. Contohnya anda bisa klik beberapa web direction yang berada di kanan blog yang berjudul backlink berkualitas.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar