Website
menjadi komponen penting dalam mendistribusikan iklan online, dalam sebuah
website terdapat alat untuk menempatkan iklan secara efektif. Mendistribusikan
iklan online pada website secara efektif akan meningkatkan promosi bisnis anda.
Selain itu, pendistribusian iklan online juga dapat dilakukan pada media
sosial, search engine, forum, dan blog. Menurut internetworldstats.com,
pengguna internet di seluruh dunia saat ini mencapai 3,631,124,813 orang.
Jangkauan yang luas menjadikan internet sebagai media promosi efektif.
Potensi
besar pengguna internet marketing di dunia menjadikan pendistribusian iklan
online menjadi modal utama dalam membuat sebuah iklan dapat disaksikan dan
mendapatkan respon dari pengguna internet. Beberapa perusahaan melakukan
pendistribusian iklan online secara bersamaan agar sebuah iklan online dapat
memenuhi tujuan pemasaran dan meningkatkan penjualan.
Selain
itu, iklan online yang tidak didistribusikan dengan perencanaan yang baik akan
menyebabkan sebuah perusahaan akan merugi lantaran biaya yang tidak terkontrol.
Kedua aspek yaitu baik secara bersamaan dan mengontrol pengeluaran iklan online
menjadi perpaduan yang sangat diperlukan. Sebagai contoh terdapat perusahaan
yang membayar ratusan juta agar iklan nya dapat muncul pada pencarian pertama
google (search engine) lalu seiring berjalannya waktu perusahaan melakukan
langkah-langkah periklanan yang lebih efisien. Hingga mendapatkan formulasi
periklanan online yang baik. Sehingga biaya yang dikeluarkan tidak membengkak
seperti sebelumnya, hanya butuh pengeluaran yang tidak sampai puluhan juta
namun efektifitas sama, dan keuntungan perusahaan tetap berlipat.
Model Pembayaran Iklan
Online
Pembayaran iklan online
merupakan salah satu cara agar pendistribusian iklan berjalan secara efektif.
Iklan terdistribusi dengan baik membutuhkan metode pembayaran yang berbeda-beda
antara satu iklan dengan iklan yang lain. Sebagai contoh ada iklan yang dibayar
setelah terdapat pengunjung didalamnya (Pay Per Click) namun ada iklan yang
hanya dibayar bila ada penjualan yang dihasilkan atau fee pembayaran dari
setiap pembelian sebuah produk.
Karakteristik yang
berbeda ini dipadukan dalam sebuah model pembayaran iklan online, Dibawah ini
adalah model pembayaran iklan online :
Pay Per Impression
Pengiklan ini harus
membayar setiap kali iklan tampil pada halaman web penyedia iklan. Cara yang
paling umum untuk model ini adalah CPM (Cost Per Mill) atau biaya per seribu
tayangan (cost per seribu). Berapa website memberlakukan iklan jenis ini dimana
iklan hanya akan dibayar jika mencapai batas hitungan misalnya seribu klik atau
per mill. Hal ini bertujuan untuk menarik para advertiser/pengiklan agar mau
memasangkan iklan nya pada website publisher.
Pay Per Click
Pengiklan
membayar pemasang iklan setiap kali pengunjung mengklik pesan mereka (cost per
click). Iklan PPC biasanya berkaitan dengan pemasaran pencarian berbayar,
dimana bila sebuah publisher mendapatkan pengunjung baru setiap perpengunjung
itulah yang menjadi tarif yang di tetapkan . bila kita mempunyai website yang
baru dibuat tentu kita membutuhkan banyak penunjung, cara yang paling efektif
agar pengunjung dapat datang sesuai dengan kategori yang telah kita tentukan
adalah dengan menggunakan moder periklanan pay per click seperti pada google
adsword. Periklanan menggunakan google adsword sendiri mentarifkan sebuah iklan
berdasarkan berapa banyak pengunjung yang dihasilkan.
Pay Per Action
Pengiklan
harus membayar untuk iklan mereka bila pengunjung telah melakukan tindakan yang
diinginkan (cost per action) misalnya, pembelian atau pengiriman
formulir(konsumen mengisi formulir). Metode pembayaran ini adalah cara terbaik
untuk pengiklan karena mereka hanya membayar bila iklan telah memenuhi
tujuannya. Setiap aksi yang dilakukan oleh konsumen seperti mengisi biodata,
atau mengisi alamat email baru sebuah iklan akan dikenakan tarif, namun bila
pengunjung hanya akan melihat-lihat saja tarif tidak akan dikenakan pada pengiklan.
Pay Per Sale
Model
pembayaran ini memberikan komisi sesuai dengan jumlah produk atau layanan yang
berhasil terjual melalui link ditampilkan affiliator. Metode affiliasi ini
adalah dimana perusahaan membuka jalan seseorang untuk memberikan link agar
menarik pembeli, setiap pembelian yang dilakukan akan mengarah pada kode
referral (kode unik pengiklan ) dimana setiap pembelian yang terjadi, orang
yang memiliki kode referral tersebut akan mendapatkan fee/ komisi dari
penjualan yang dihasilkan. Bagi beberapa orang yang menggeluti dunia online
marketing maka akan memanfaatkan model periklanan seperti ini, sebab orang yang
mengikuti model periklanan ini tidak dibutuhkan modal yang besar seperti
membayar biaya registrasi dan sebagainya, cukup memiliki akses internet untuk
melakukan pemasaran. Contoh perusahaan yang menerapkan model periklanan ini
adalah perusahaan e-commerce seperti amazon.com, lazada.co.id, dan alibaba.com
Pay Per Lead
Model
pembayaran ini memberikan komisi berdasarkan jumlah orang yang telah mengisi
form (isian), survey, atau sign up untuk menjadi member pada website pemilik
program affiliate. Pengenaan tarif pada iklan ini dikhususkan pada membership
bagi setiap pendapatan iklan. Bila kita banyak berselancar pada sebuah website
akan ada ajakan untuk mengikuti sebuah website bahkan mendaftar sebuah website,
bila menemukan hal tersebut kita telah diarahkan untuk menjadi konsumen yang
akan menjadi pendapatan bagi penyedia iklan. Cara ini juga dianggap menarik
untuk para publisher atau orang yang menyebarkan sebuah iklan untuk mendapatkan
penghasilan. Contoh dari model iklan online ini adalah
http://www.shareasale.com/
Pay Per Download
Model
pembayaran ini memberikan komisi berdasarkan orang yang mendownload file atau
produk yang ditawarkan penyelenggara affiliate. Dalam menggambarkan model
periklanan ini, mari kita jawab pertanyaan ini. Apakah anda pernah mendownload
sebuah aplikasi atau software, apakah anda harus membayar ketika mendownload
software tersebut? Lalu mengapa mereka memberikannya secara gratis?. Jawabannya
tentu mereka memberikan software atau aplikasi tersebut tidak secara Cuma-Cuma,
para pemberi software tersebut berharap mendapatkan mendapatkan uang dari
setiap downloadan. Pendapatannya bisa didapatkan dari sebuah iklan yang muncul
sebelum mendownload atau dari iklan pop up. Contooh dari website ini adalah
www. scribd.com untuk dokumen dan www.linkshared.com untuk aplikasi dan
sejenisnya.
Pay Per Play
Model
pembayaran ini memberikan komisi sesuai dengan jumlah orang yang memutar audio
ataupun video yang ditampilkan oleh affiliator. Bila kita pernah membuka
website kemudian ada sebuah video ataupun audio yang muncul, kemungkinan itu
adalah model periklanan pay per play. Saat ini yang sering kita temui untuk
iklan jenis ini adalah youtube.com dimana kita akan diarahkan menonton sebuah
iklan sebelum menyaksikan sebuah video, bila kita membiarkan iklan itu tampil
maka youtube secara otomatis mengenakan tarif.
Pay Per Read
Model
pembayaran Pay Per Read ini komisi diberikan bila anda sendiri mengklik/membaca
iklan yang disodorkan dan diatur dalam durasi tertentu. Beberapa jurnal yang
dibaca mengatur model periklan seperti ini. Bila dokumen dirasa penting dan
berharga maka pemilik website dapat mengatur agar setiap pembacanya dikenakan
tarif, selain itu juga terdapat website yang mengatur pembacanya akan
mendapatkan komisi dari informasi yang dibacanya. Kedua hal ini masuk dalam
model pay per read, Misalnya www.elecbook.com.
Cost Per Interaction
Dengan
model ini, pengiklan membayar untuk iklan rollover ( iklan yang muncul setiap
melakukan scroll), biasanya ditempatkan dalam video atau aplikasi (seperti
aplikasi Facebook) , dan berdasarkan interaksi dengan iklan itu. Sebuah iklan
dapat berisi video, permainan, atau konten kaya lainnya. Hal ini terjadi tanpa
harus pengguna Internet pergi dari halaman web, dan pemasar hanya membayar bila
seseorang menyelesaikan tindakan.
Flat Rate atau Sponsorships
Pemilik
website yang memiliki lalu lintas rendah, kadang-kadang memilih untuk menjual
ruang banner dengan biaya tetap per bulan(flat rate), tanpa memperdulikan
jumlah iklan di klik atau jumlah iklan tayang. Contohnya iklan eksklusif di
semua halaman dan slot tertentu halaman website, buletin, bagian, dan
mensponsori konten. Sponsorship berarti bahwa tidak ada pengiklan lain yang
akan muncul di bagian tersebut. Biasanya iklan seperti akan muncul pada header
sebuah website atau blog. Sponsor seringkali sulit untuk diukur dan sebagian
besar digunakan untuk meningkatkan brand atau kesadaraan terhadap suatu
merek.
Menganalisis Penyedia Iklan Online
Google Ads (
Search Engine)
Search
engine atau mesin pencari adalah salah satu hal yang tidak akan pernah
terlupakan dalam aktivitas manusia atau user di dunia maya. Nah, mesin pencari
yang pasti digunakan ini tentunya menjadi salah satu lahan paling baik untuk
beriklan di dunia maya secara afektif. Adapun mesin pencari yang paling favorit
saat ini yang membuka diri untuk periklanan dunia maya adalah google. Google
adword adalah alternatif periklanan dimana iklannya akan muncul di hasil
pencarian mesin pencari. Dan sebelum beriklan, pengiklan diwajibkan untuk
memilih jenis kata kunci yang relevan dengan bisnis atau produk yang
diiklankannya. Demikian juga untuk adsense, iklan akan muncul di hasil
pencarian mesin pencari, tetapi tempat munculnya, di dalam laman laman website
tertentu yang menjadi mitra dari google adsense. Baik adsense atau adword ini
sangat populer dan ramai digunakan pengguna internet saat ini.
Facebooks Ads
Facebook
adalah salah satu sosmed atau sosial media yang paling ramai digunakan orang
untuk kepentingan interaksi atau komunikasi secara online. facebook ini juga
bisa kita jadikan lahan untuk melakukan kepentingan bisnis kita termasuk untuk
beriklan. Facebook memberikan beberapa model atau jenis iklan yang bisa kita
pilih atau sesuaikan dengan kebutuhan periklanan dan finansial yang kita
miliki. Bagi perusahaan UKM Facebook ads jadi salah satu periklanan online
paling efektif sebab, kita dapat melakukan periklanan sesuai dengan target yang
kita inginkan misal: pengguna facebook area 5 kilometer dari rumah dan remaja.
Sehingga ketika kita beriklan di facebook, maka iklan itu akan muncul di kota
atau area sesuatu settingan target yang kita sudah berikan atau tetapkan.
Demikian juga untuk audience juga bisa kita setting setting, misalnya usia,
ketertarikan jenis kelamin dan sebagainya. Sama seperti google adsense atau
adword, iklan di facebook juga sering digunakan pebisnis di dunia maya untuk
melakukan kepentingan bisnis berupa iklan.
Web Portal Berita
Portal
berita sendiri adalah suatu website milik pribadi atau pihak tertentu yang
akivitas sehari hari menyediakan konsumsi publik berupa informasi berita teraktual.
Jadi lebih singkatnya kita bisa artikan sebagai website yang isinya berita
berita terupdate. Portal beritanya juga bukan terfokus pada website berita
semata tetapi juga bisa berita berita dari dunia olahraga. Contohnya adalah
website milik detik.com, republika.co.id, dan CNN.com. dalam pemasangan
beritapun kita bisa memasang dekat pada artikel atau berita yang kita inginkan,
misalnya kita ingin beriklan mobil bekas, agar efektif kita dapat menaruhnya
pada situs berita pada menu otomotif.
Website
Website
bisa menjadi tempat yang paling efektif untuk beriklan. Website bisnis yang
kompleks yang bisa digunakan untuk promosi sekaligus toko online dan
terintegrasi dengan sistem hingga website sebatas company profile yang fokus
digunakan untuk beriklan biasa dan hanya memperkenalkan brand atau merk atau
produk atau jasa atau perusahaannya. Anda bebas menentukan sesuai kebutuhan
yang anda miliki. Tetapi alangkah lebih baiknya jika anda memilih webiste yang
memang bisa anda jadikan tempat iklan atau promosi sekaligus website yang bisa
melakukan aktivitas bisnis dari dalamnya barulah anda bisa membangun website
website lainnya yang digunakan untuk menopang atau suport bagi website utama
tadi.
Cara Pembayaran iklan
Online Menggunakan media Facebook
Pada bagian ini kita
akan membahas pembayaran pada facebook ads, dimana facebook ads merupakan
tempat yang paling sering dijadikan tempat menaruh iklan karena dianggap paling
populer saat ini. Facebook ads dapat menjadi tempat beriklan dengan budget yang
minimalis. Distribusi iklan pada facebook oleh sebagian perusahaan mungkin menjadi
tempat pemasangan iklan utama atau wajib ada. Berikut cara pembayaran iklan di
facebook ads, tentu pembayaran dilakukan setelah anda telah membuat iklan di
facebook ads:
§
Setelah iklan berhasil dibuat anda akan diarahkan untuk menentukan metode
pembayaran, metode pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit
atau atm bersama.
§
Masukkan budget iklan yang akan anda transfer, untuk pertama kali buatlah
budget yang tidak terlalu besar. Bila sudah mendapatkan pembeli yang cukup
untuk melakukan promosi, baru naikkan promosi seiring membesarnya omset sebuah
perusahaan.
§
Langkah terakhir masukkan kode 16 digit yang tertera dilayar, pada bagian
bawah anda diharapkan membaca aturan secara baik dan benar agar tidak ada
kesalahan dalam melakukan transfer karena akan merugikan diri sendiri. Iklan
akan otomatis muncul pada saat anda sudah melakukan transfer secara otomatis
dan dapat dilihat report nya pada akun facebook ads.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar